Grosir Baju Bayi dan Perlengkapan Bayi Murah

13 Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Perlu Disiapkan



Berikut ini daftar perlengkapan bayi yang perlu Bunda siapkan saat kelahiran baju bayi agar pada saat lahiran tidak lagi repot kesana kemari mempersiapkan perlengkapan bayi.

1. Baju Bayi
Baju bayi adalah pertama yang perlu Bunda siapkan, karena baju bayi merupakan alat pelindung bayi penting dari lingkungan sekitar yang masih belum familier dengan susuh tubuh bayi. Pastika  baju yang dipilih tidak gerah dan simpel. Untuk baju berikut ini yang bisa disiapkan : baju kutung, baju pendek, baju panjang, singlet, celana pendek, celana panjang

2. Kain Bedong

Kain bedong adalah kain yang digunakan untuk membungkus bayi yang baru lahir agar hangat dan nyaman. Pilihlah kain bedong yang terbuat dari bahan yang lembut dan aman, karena kulit bayi masih sangat sensitif.

3. Perlak

Perlak adalah alas tidur bayi, biasanya bahannya dari lapisan microfiber dan waterproof membuat perlak empuk dan tidak menyerap air. Fungsi perlak lainnya adalah melindungi kasur agar tidak kotor dan bau ketika bayi pipis. Perlak ini bagian penting, karena frekuensi pipis dan puff bayi masih sangat sering.


4. Sarung Tangan dan Kaos Kaki

Sarung tangan dan kaos kaki berfungsi untuk melindungi tangan dan kaki bayi dari suhu yang dingin. Bayi yang baru lahir tentunya masih sensitif dan perlu menyesuaikan suhu. Selain itu juga melindungi dari cakaran kuku bayi. Saran untuk memilih sarung tangan adalah terkait dengan bahan dan kelonggaran

5. Celemek

Celemek bayi adalah .perlengkapan bayi terbuat dari kain yang dipakai saat makan dan minum. Alat ini membantu bayi agar tidak belepotan saat mimik susu dan makan bubur. Usahakan dapat celemek yang lembut dan menyerap air.


6. Popok Kain dan Pampers

Popok bayi berfungsi untuk menampung atau menahan pipis bayi dan puff. Popok bisa berupa kain dan pampers. Popok ini penting karena akan sangat membantu kenyamanan bayi saat bangun maupun tidur. Memilih popok yang nyaman membuat bayi tidak rewel.


7. Kelambu

Kelambu berfungsi untuk melindungi bayi dari nyamuk atau serangga lainnya. Selain itu juga melindungi bayi agar terhindar dari kejatuhan benda asing sehingga mengganggu kenyamanan bayi tidur. Kelambu terbuat dari kain kasa sehingga bayi tetap nyaman.


8. Botol Susu

Botol susu adalah salah satu barang penting dalam perlengkapan bayi yang harus disiapkan sebelum proses kelahiran. Botol susu merupakan alat untuk membantu proses minum susu bayi.

9. Gendongan Bayi

Gendongan bayi adalah perlengkapan bayi yang pasti kita gunakan untuk menggendong bayi. Pastikan gendongan yang dipilih adalah gendongan yang aman dan nyaman. Ada beberapa jenis gendongan yang bisa dikoleksi, bisa gendongan depan, samping atau gendongan punggung.


10. Bak Mandi Bayi

Bak mandi fungsinya untuk memantu mandi bayi. Hal yang perlu dilakukan saat memiluh bak mandi bayi adalah memilih permukaan bak bayi yang tidak siku dan lembut untuk menghindari benturan kepala bayi.


11. Perlengkapan Mandi

Perlengkapan mandi yang perlu disiapkkan mulai dari sabun bayi, sampo bayi. Pilih baju dan sampo yang memang khusus digunakan untuk bayi, yang biasanya harum natural dan tidak pedih dimata.


12. Handuk Bayi

Peralatan berikutnya adalah handuk bayi yang lembut untuk mengeringkan rubuhnya setelah mandi. Pilihlah handuk yang berbahan lembut dan cepat menyerap air.


13. Minyak Telon dan Bedak

Perlengkapan paska mandi yang penting adalah minyak telon dan bedak. Setelah mengeringkan tubuh bayi, tentu si kecil pun harus dibuat hangat dan wangi.


Demikian bunda, perlengkapan bayi yang perlu kita siapkan sebelum kelahiran bayi.

Semoga bermanfaat.